PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DENGAN MOODLE ABSTRAK – Pada zaman sekarang ini E-learning telah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam meningkatkan produktivitas dan kemandirian belajar siswa

PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DENGAN MOODLE
ABSTRAK – Pada zaman sekarang ini E-learning telah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam meningkatkan produktivitas dan kemandirian belajar siswa, dan motivasi belajar guru dan siswa. Ini juga dapat membuat proses belajar – mengajar menjadi lebih efisien, hemat biaya, dan hemat sumber daya, dan terikat oleh kedisiplinan dan prosedur yang sangat jelas. Penelitian ini bertujuan untuk prosedur desain aplikasi sistem berbasis E-learning untuk membantu meningkatkan motivasi guru dan siswa di Universitas Indraprasta PGRI, untuk mengurangi tingkat kesulitan komunikasi guru dan siswa dalam belajar, dan memahami dan meninjau setiap materi yang di tangani pihak sekolah , dan aplikasi e-learning berbasis moodle memungkinkan para guru dan para siswa untuk memiliki interaktif tanpa banyak ruang dan waktu juga sangat singkat karena bisa melalu jaringan internet . Dan para mahasiswa juga dapat melakukan login untuk membaca artikel berita, dan membaca pengumuman berita
Kata kunci : e-learning, moodle
DESIGN OF LEARNING APPLICATION WITH MOODLE
ABSTRACT – In this era E-learning has become a very important requirement in improving productivity and student learning independence, and motivation to learn teacher and student. It can also make the learning process more efficient, cost-effective, and resource-saving, and tied up by very clear discipline and procedures. This research is aimed at design procedure of E-learning based system application to help improve teacher and student motivation at Indraprasta University of PGRI, to reduce the difficulty level of teacher and student communication in learning, and to understand and review each material handled by school, and application e-learning based moodle allows teachers and students to have interactive without much space and time is also very short because it can through the Internet network. And students can also log in to read news articles, and read news announcements.

Keyword : e – learning, moodle
PENDAHULUAN
Kehadiran aplikasi moodle dalam bidang pendidikan khususya dalam proses belajar mengajar sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting. Diantaranya adalah dalam menerapkan metode e-learning. E-learning dapat memberi kemudahan bagi setiap pelajar untuk belajar dan mengingat kembali pelajarannya.
Kemudian mendapatkan berbagai informasi membawa dampak yang signifkan. Teknologi E-learning telah merubah paradigma model proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai media elektronik (audio visual) yang memiliki keterhubungan dengan teknologi internet.
Proses belajar mengajar yang awal nya bergantung kepada lokasi dan waktu membuat proses penyampaian ilmu pengetahuan seperti penyampaian materi, diskusi, dan pemberian latihan menjadi sangat terbatas. Minimalnya media yang dipakai dalam menyampaikan materi pembelajaran juga menjadi suatu masalah yang dialami oleh dosen dan mahasiswa.
Dalam penyajian materi, dosen menyampaikan pelajaran di depan kelas dan mahasiswa diminta untuk mencatat ke dalam buku catatan. Penyelesaian materi kadang tidak tercapai karena terbatasmya waktu dalam suat materi pelajaran. Kesempatan diskusi antara dosen dan mahasiswa yang kurang dengan jam mata kuliah yang padat. Mahasiswa ketertinggalan materi karena dosen berhalangan masuk.
Kenyataan ini mempemperlihatkan bahwa berdasarkan kondisi yang ada, proses pembelajaran melalui teknologi e-learning dengan koneksi jaringan internet memungkinkan pembelajaran dilaksanakan dapat lebih bermakna, dapat memilih waktu, dan kegiatan belajar menjadi lebih interaktif.
Harton(2006: 1) mendefinisikan e-learning sebagai penggunaan teknologi informasi dan komputer untuk menciptakan pengalaman dalam belajar. E-learning biasanya menggunakan teknologi jaringan informasi dan komunikasi pada proses pembelajaran.)
TINJAUAN PUSTAKA
Teknologi Informasi
TI adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data. Termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yang relevan, akurat dan tepat waktu. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan (Wikipedia, 2016).

Pengertian Moodle
Moodle singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment, merupakan salah satu software Learning Management System yang dapat digunakan sebagai salah satu tools dalam pembuatan pembelajaran berbasis e-Learning. Moodle memungkinkan pembelajaran berbasis e-Learning seperti model pembelajran konvensional dimana guru dapat berkomunikasi dengan siswa, dan guru dapat mengelola kelasnya sesuai kebutuhan, seperti mengelola materi pelajaran, mengelola nilai siswa, memantau kegiatan pembelajaran siswa.

Aplikasi moodle dikembangkan pertama kali oleh Martin dougiamas. Pada agustus 2002 dengan Moodle versi 1.0.

Electronic Learning (E-Learning)
E-learning merupakan singkatan dari elektronic learning. merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya.
E-learning adalah proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi (Chandrawati, 2010).

METODELOGI
Metode pengumpuan data
Studi pustaka
Dari pencarian informasi yang bersumber dari internet. Serta buku-buku dan makalah sebagai referensinya.

Observasi
Mengamati secara langsung proses belajar mengajar di dalam kelas.

Tahap penelitian
Menggunakan diagram alir

HASIL DAN PEMBAHAN
Analisis
Observasi.
Proses pembelajaran yang
dilakukan dosen dengan mahasiswa dilakukan di ruang kelas. Jika pertemuan tidak terlaksana karena dosen tidak bisa hadir, maka pembelajaran tidak dapat berlangsung.

2. Waktu yang terbatas juga dapat menghambat proses pembelajaran. Sehingga diskusi antara dosen dan mahasiswa tidak maksimal dilakukan.
3. Pengumpulan tugas oleh mahasiswa yang kurang tepat pada waktunya.

Kebutuhan Sistem
Memfasilitasi dosen dan mahasiswa untuk melakukan proses pembelajaran melalui suatu forum diskusi, tanya jawab langsung (chatting), berbagi materi pelajaran (sharing file).
Memberikan kemudahan pada mahasiswa untuk mendapatkan materi yang akan diajarkan dan berkonsultasi pada dosen seputar materi yang akan diajarkan.
Memberikan waktu kepada mahasiswa untuk bertanya di luar jam kuliah.

PERANCANGAN SISTEM

Dosen
Memberikan materi dengan cara mengupload materi dalam bentuk file (doc/docx, pdf, txt, suara dan vidio) kepada mahasiswa, dosen juga dapat memberikan tugas dan kuis pada mahasiswa serta dapat memberikan nilai dari hasil tugas dan kuis yang dikerjakan oleh mahasiswa. Dosen juga dapat berdiskusi lewat menu forum/chat.

Mahasiswa
Dapat mendownload materi yang diberikan oleh dosen dan juga dapat mengerjakan tugas dan kuis yang diberikan oleh dosen serta dapat melihat hasilnya. Mahasiswa juga dapat berdiskusi lewat menu forum/chat.
Admin
Dapat melakukan semua kegiatan yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa, tetapi dalam sistem ini, admin hanya bertugas mengawasi, mengatur sistem
dan berpartisipasi dalam meberitahukan apabila ada suatu berita atau kegiatan khusus.
Guest/Tamu
Hanya dapat melakukan sedikit akses yaitu melihat berita didalam website.

RANCANGAN ANTARMUKA (INTERFACE)
Dimulai dari tiga elemen. Dua elemen yang mengandung sub elemen, yaitu Course Category dan Login. Pada elemen Course Category, mempunyai tiga pilihan yaitu Select Course, Search Course, dan All Courses. Sedangkan elemen Login, memiliki tiga bagian yaitu Username, Password, dan Forgot Password.

SKEMA REGISTRASI
PEMBUATAN USER
Hanya dapat dilakukan oleh admin

PENGATURAN HAK AKSES PADA USER
Default dari sistem moodle, peran yang ada dalam sistem hanya course creator, manager, student. Maka terlebih dahulu harus ditetapkan peran tambahan yaitu dosen.

PEMBUATAN COURSES
Alur Pembuatan Courses dan Mentepkan Peran Dosen Pada Courses

DAFTAR PUSTAKA
http://eprints.umpo.ac.id/2288/https://anzdoc.com/pengembangan-aplikasi-e-learning-berbasis-moodle-studi-kasus.htmlhttp://rpl.elit.tedcbandung.comhttps://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/viewFile/1046/847https://mynameis8.wordpress.com/2017/07/31/definisi-teknologi-informasi-komunikasi/Susanto, 2004. “Konsep Dasar Perancangan Sistem”http://informatika.web.id/kons ep-dasar-perancangan-sistem.html. 25 September 2016
Chandrawati, 2010. Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Vol. 8 No. 02. Tahun 2010